Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

4 Ketahui Alasan Memakai Skincare dan Tips Sebelum Membelinya

Penggunaan skincare dengan tentunya memang terasa ribet dikarenakan ada beberapa tahapan yang perlu anda lalui dengan sangat banyak, misalnya pada pagi hari anda yang wajib menggunakan facial wash atau cuci muka, toner, serum, moisturizer, sampai sunscreen dengan rutin, kemudian pada malam hari anda yang perlu untuk memakai scrub, masker, serta skincare yang sama seperti pagi. 

Walaupun memang tampak ribet, penting sekali untuk memakai skincare dengan rutin, karena sangat berguna bagi kulit wajah, apalagi jika anda sering beraktivitas di mana lokasi yang sering terkena debu serta cahaya matahari. Tapi, apa alasan dari pentingnya menggunakan skincare yang lain? 

Inilah Alasan Harus Rajin Pakai Skincare

Alasan Memakai Skincare


Berikut ini beberapa alasannya:

1. Dapat mengurangi berbagai risiko masalah kulit

Mungkin anda akan berpikir jika kulit wajah bisa tetap sehat dengan sendirinya tanpa memerlukan adanya perawatan, tetapi apakah anda tahu jika hampir setiap menit wajah anda dapat tumbuh sel-sel kulit mati dengan sendirinya. 

Jadi jika anda tidak mulai untuk rajin memakai skincare, wajah anda pun akan mulai tampak kusam, muncul jerawat, ada komedo, beruntusan, sampai dapat muncul flek hitam diwajah. 

2. Dapat lebih mencerahkan kulit

Tentunya anda tidak boleh malas memakai skincare dengan rutin, karena hal itu bisa membuat kulit wajah anda semakin kusam dan tidak terawat.

Jadi solusi terbaik agar kulit bisa semakin terawat adalah dengan rajin menggunakan skincare yang sesuai jenis kulit setiap pagi juga malam hari supaya kulit dapat lebih cerah, tetap terhidrasi, dan lembut.

3. Dapat Melindungi kulit saat sedang memakai makeup

Jika anda memang sering memakai makeup untuk bekerja, maupun pergi ke luar, ada baiknya untuk selalu memakai skincare dahulu agar kulit dapat lebih terawat dan terjaga walaupun tertutupi dengan make up.

4. Perawatan kulit wajah dapat membangun rutinitas lain yang sehat 

Alasan lain mengapa penting untuk memakai skincare yaitu dapat lebih membangun rutinitas sehat yang lain, dengan contoh jika anda memang terbiasa untuk merawat kulit wajah lalu telah mendapatkan hasil yang sudah maksimal, misalnya kulit wajah yang telah menjadi lembut, bersih, sehat, sampai glowing, tentunya anda akan semakin termotivasi untuk juga melakukan perawatan pada bagian tubuh yang lain.

Hal ini pun juga akan menjadikan hidup anda menjadi lebih sehat, bukan hanya perawatan kulit yang rajin, tapi dengan pola makan serta tidur yang lebih baik baik.

Tips Memilih Skincare yang Tepat

Walaupun anda perlu untuk memakai skincare dengan rutin, anda jangan sembarangan dalam membeli. Apalagi tidak sedikit yang membeli karena hanya ingin ikut-ikutan trend tanpa melihat review dahulu. Padahal hal satu ini dapat membuat iritasi wajah jika anda tidak cocok dengan bahannya.

Maka sangat penting bagi anda untuk selalu membaca kandungan yang ada pada suatu skincare sebelum membelinya agar bisa mengetahui mana yang aman dan cocok bagi kulit anda serta mana yang ternyata tidak boleh untuk anda pakai. Agar anda tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih skincare yang tepat bagi anda,

1. Memperhatikan izin dari produk

Salah satu kategori skincare telah aman digunakan adalah dengan sudah lulus uji lab serta terdaftar di BPOM. Ingat, izin BPOM ini bersifat unik pada satu produk saja, bukan brand. 

Jadi sangat memungkinkan jika terdapat salah satu produk dari suatu merek yang belum maupun masih sedang diproses perizinannya. 

2. Menyesuaikannya dengan jenis kulit anda

Tips ini merupakan tips dasar tetapi juga penting untuk dilakukan. Tanpa anda mengetahui apa tipe kulit anda, maka akan cukup sulit untuk bisa menentukan skincare mana yang memang cocok untuk Anda. 

Biasanya terdapat  3 jenis kulit yaitu dari normal, kering, sampai berminyak. Jika masih ragu, Anda dapat memastikannya ke dokter maupun klinik kecantikan.

3. Membaca komposisi skincare

Walaupun tampak membingungkan di awal, tapi dengan anda mencari tahu kandungan pada skincare, itu sangat membantu anda nantinya. 

Apalagi ada cukup banyak kandungan formula yang tanpa anda sadari ternyata dapat berbahaya bagi wajah dikarenakan sering digunakan di dalam produk kecantikan. Berikut ini ada beberapa contoh bahan yang telah dianggap sangat mudah untuk menyebabkan peradangan dan iritasi pada beberapa jenis kulit,

  • Pewangi (Fragrance)

Siapa yang menyangka jika produk kecantikan yang wangi biasanya termasuk kurang bagus pada wajah? Skincare yang mengandung fragrance ini terdapat alkohol serta senyawa sintetis yang bisa membuat alergi sampai perubahan pada hormon.

  • Paraben

Biasanya hampir di semua produk skincare akan mengandung paraben dengan tingkat konsentrasi berbeda-beda. Kandungan bahan ini sering ditemukan pada make up, moisturizer, sampo, facial wash, sampai gel cukur. Dan penggunaan paraben dengan jangka panjang pun akan dapat memicu kanker payudara serta mengganggu kesuburan anda.

  • Sodium Lauryl Sulfate atau SLS

Ternyata SLS sendiri sudah banyak digunakan dalam sabun, shampoo, obat kumur, pasta gigi, sampai foundation. Dan efek dari penggunaan SLS pada tubuh adalah dapat menyebabkan iritasi kulit, sariawan, munculnya jerawat, sampai gangguan keseimbangan minyak pada kulit.

# Menghindari produk yang akan menawarkan hasil instan

Biasanya jika memang Ingin segera mempunyai wajah yang cerah dan bersinar akan membuat banyak orang untuk mencari jalan cepat. 

Tapi faktanya, produk yang bagus akan membutuhkan waktu yang lama dikarenakan produk tersebut akan membiarkan kulit membaik perlahan dan secara alami. 

Anda hanya perlu memakai skincare dengan rutin agar hasilnya dapat terlihat. Selain itu, skincare yang sudah aman juga tidak akan menyebabkan ketergantungan dalam pemakaian sampai efek samping setelah anda melakukan penghentian.