Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Wajib Tahu! 5 Hal Ini Dapat Membuat Hubungan Rumah Tangga Lebih Langgeng

Anda mungkin sudah tahu, bahwa pernikahan merupakan hal sakral yang mana diharapkan terjadi sekali seumur hidup. 

Namun, dalam membangun rumah tangga tentunya ada saja cobaan dan ujian yang datang menghampiri. Tapi, Anda harus tahu..bahwa ujian tersebut tidak semerta-merta buruk lho. 

...Karena adanya ujian, kita jadi tahu mana letak kesalahan kita, mana yang perlu di perbaiki dan mana yang perlu kita hindari agar hubungan kita tetap langgeng.

Akan tetapi, ada juga yang langsung pasrah dan memilih jalan pintas yaitu perceraian. Hal tersebut harus kita hindari, jangan sampai perceraian itu terjadi. Ya. karena memang perceraian adalah hal yang tidak Allah sukai dalam agama islam.

Bagaimana cara agar hubungan rumah tangga tetap harmonis, romantis dan langgeng??" Mungkin sedikit akan saya bagikan di artikel ini, tujuannya saling berbagi pengalaman saja. 

Tidak ada maksud untuk membenarkan diri saya pribadi, namun harapan saya dengan terbitnya artikel ini, bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam menjalin rumah tangga yang lebih harmonis dan tidak ada kata bosan.

"Dalam rumah tangga saya sebenarnya sama, tidak semulus dan seindah yang dibanyangkan saat masih masa-masa pacaran dulu. Namun, ada banyak hal yang menjadi pertimbangan saya untuk tetap bertahan dan bahagia bersama pasangan.

Bagaimana cara agar hubungan rumah tangga tetap harmonis dan langgeng?? Simak ulasan di bawah ini!

Cara Menjaga Hubungan Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis Dan Langgeng

Cara Menjaga Hubungan Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis Dan Langgeng


1. Bicarakan Baik-Baik Saat Ada Masalah.


...Seperti yang saya bilang, dalam kehidupan, masalah pasti ada...

Apalagi dalam hubungan rumah tangga, tentu saja ada banyak sekali masalah. Baik masalah keuangan, beda pendapat dan lainnya. Karena semua itu adalah bunga dari rumah tangga.

Nah.... apabila Anda memiliki masalah perbedaan pendapat atau kesalahpahaman dengan pasangan Anda, coba deh... Anda ajak pasangan kalian jalan atau ketempat tertentu yang lebih tenang dan damai, kemudian bicarakan baik-baik masalah tersebut.

....Tapi, kalian harus buat perjanjian terlebih dahulu. Jangan marah dan jangan menggunakan nada tinggi serta minta maaf lah.

Dengan begitu, masalah Anda tersebut akan sedikit berkurang dan bisa lebih mengerti satu dengan yang lainnya. Anda buat kesepakatan atau perjanjian tertentu supaya kedepannya tidak terulang lagi hal tersebut. Contoh " Minta maaf duluan ketika salah atau bersalah".

2. Seru-seruan bersama.


Sudahkah kalian melakukan aktifitas tertentu yang dapat menghibur diri kalian bersama pasangan??" Jika belum, maka lakukanlah..

"Iya, walaupun hal kecil...ini merupakan cara paling ampuh untuk membangkitkan keharmonisan dalam keluarga lho. Misalnya, main tiktok bersama, adain game...sedikit jail dan lainnya yang bisa menghibur.

Jika kalian pria, maka kalian harus mengetahui. Bahwa, seorang wanita akan lebih mudah marah, jengkel, ngambek kalau merasa dirinya tidak dihargai atau dicuekin.

Sehingga tidak ada salahnya kalian luangkan waktu untuk senang-senang bersama pasangan dan anak-anak kalian.

....Karena jenuh, capek seharian beres-beres rumah atau melakukan rutinitas yang berulang setiap hari. Itulah salah satu alasan wanita gampang ngambek ketika Anda tidak punya banyak waktu untuk dirinya atau di cuekin begitu saja.

Coba saja, kalau kalian ingin rumah tangga kalian tetap langgeng dan harmonis. Lakukan seru-seruan bersama pasangan kalian di rumah maupun diluar rumah.

3. Ajak pasangan kalian jalan.


..."Seperti yang saya bilang, rutinitas yang berulang yang dilakukan setiap hari itu sangat membosankan, belum lagi mengurus anak yang sedang rewel. Tentunya itu sangat membosankan dan bikin stres.

Tugas suami, harus bisa meringankan beban istri juga dengan cara membantu merefresh pikirannya dengan hal tertentu diluar rutinitas sang istri.

Tidak ada wanita yang tidak suka kalau diajak shoping atau jalan-jalan, walaupun hanya sekedar keluar rumah atau makan diluar itu sudah cukup menghiburnya.

....Jadi, saya sangat menyarankan untuk kalian lakukan hal sederhana ini.

Pengalaman saya pribadi, saya adalah seorang penulis atau blogger. Tentunya waktu bersama anak-anak dan istri sangat kurang sekali meski kerja hanya dari rumah saja.

Saya hanya ajak istri dan anak-anak makan diluar dan muter-muter sebetar saja, perasaan sang istri berubah langsung dan kebanyakan senyum. Setelah saya tanya, ternyata istri merasa senang karena sudah bisa jalan-jalan, padahal hanya keliling kampung saja hee.

Coba deh lakukan kalau tidak percaya...ajak istri kalian jalan-jalan.

4. Jujur & Tidak ada yang di sembunyikan.


...Kejujuran adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. 

Sekali kalian berbohong, maka selamanya kalian akan terus begitu dan dalam rumah tangga, salah satu cara agar hubungan rumah tangga tetap langgeng, yaitu jadilah orang yang bisa dipercaya atau jujur.

Saat masih sendiri, tentunya kalian tidak harus bercerita setiap masalah kalian ke orang lain. Tapi, setelah menikah kehidupan kalian berbeda. 

Jangan sampai kalian menyembunyikan sesuatu, apapun itu pasangan kalian harus tahu walaupun kadang beda pendapat. 

"Namun, saya yakin pasangan juga akan mengerti kalau kalian jelaskan secara baik-baik kepadanya. 

Ceritanya pasti akan berbeda, ketika ada sesuatu yang kalian lakukan dan ternyata istri tahu tersebut dari orang lain. Bagiamana tidak kesal dan jengkel, kalau ternyata kalian tidak jujur kepada sang istri.

....untuk itu, usahakan kalau ada masalah atau ingin melakukan sesuatu. Sebaiknya kalian rundingkan terlebih dahulu dan jangan ada yang di tutup-tutupin daripasangan kalian.

5. Minta Ma'af Duluan.

...Marahan itu wajar, tapi jangan sampai marahnya berlarut-larut. Selain menjauhkan kita dari rizki, itu juga tidak baik untuk kelangsungan hubungan rumah tangga kita lho.

Tidak ada salahnya, membuat perjanjian untuk siapa saja yang meminta maaf duluan itu yang menang. Cobalah untuk saling terbuka dan hindari hal-hal yang memang dapat membuat hubungan rumah tangga kalian hancur.

...Walaupun bisa minta maaf, tapi jangan sampai kalian mengulanginya lagi. Apalagi itu hal yang memang dapat mengurangi rasa kepercayaan pasangan terhadap kalian.

Pada intinya, saling menghargai, menghormati, melengkapi satu sama yang lain dan utamakan kejujuran atau saling terbuka dengan pasangan kalian, maka hubungan kalian akan tetap langgeng. 

Jika kalian merasa hubungan kalian tidak seharmonis dulu, maka ingatlah sesuatu hal atau kenangan yang lalu saat indah bersama pasangan kalian. Bicarakan kenangan tersebut berdua, maka akan kembali harmonis lagi.

Sampai jumpa!