Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips dan Langkah Basic Skincare untuk Pemula untuk Kulit Glowing Sehat

Perawatan kulit atau skincare sangat penting untuk menjaga kulit agar selalu sehat dan bebas dari berbagai masalah, terlepas dari apa jenis kulit Anda. Hanya saja, Anda yang masih pemula barangkali merasa kebingungan seperti apa langkah skincare yang perlu dilakukan. Oleh karena itu, Anda bisa ikuti tips basic skincare untuk pemula berikut ini sebagai langkah awal perawatan kulit yang tepat dan sehat.

Skincare Routine Harian yang Simpel dan Konsisten

Sebagai pemula, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan skincare routine yang simpel dulu saja. Malah banyak dermatologis yang menganjurkan untuk menerapkan skincare routine yang simpel dulu, alias dengan basic skincare. Baru setelah itu Anda bisa menambahkan produk sesuai kebutuhan.

Tips dan Langkah Basic Skincare untuk Pemula untuk Kulit Glowing Sehat


Bicara soal basic skincare sendiri, sebenarnya ada 3 tips basic skincare untuk pemula seperti yang dijelaskan berikut ini.

1.  Cleansing

Secara umum, bersihkan wajah Anda dua kali setiap hari: di pagi hari dan di malam hari. Membersihkan wajah di pagi hari akan membantu menghilangkan sisa-sisa keringat atau minyak yang tertinggal di wajah dari bantal dan rambut saat Anda tidur di malam hari. Sedangkan mencuci muka di malam hari dilakukan untuk memastikan kulit wajah bersih serta bebas dari produk skincare maupun makeup yang Anda pakai seharian, sekaligus sebum, sel-sel kulit mati, keringat, kotoran, atau debu.

Hanya saja, aturan berapa sering cuci muka dalam sehari ini tidak berlaku bagi Anda yang punya kulit kering. Kalau kulit wajah Anda masuk ke dalam kategori jenis kulit yang satu ini, melewatkan cuci muka di pagi hari sah-sah saja dilakukan dan cukup basuh wajah Anda dengan air bersih.

Ketika memilih produk face cleanser alias pembersih wajah, pilihlah produk yang kandungannya gentle alias lembut, serta menghindrasi, yang cenderung cocok untuk jenis kulit apapun. Lebih dianjurkan lagi jika produknya juga bebas dari fragrance, mengandung ingredient yang minim atau simpel untuk menghindari iritasi, dan mengandung ceramide serta gliserin untuk mengembalikan serta menjaga skin barrier.

2.  Melembapkan

Langkah berikutnya adalah melembapkan kulit menggunakan moisturizer atau produk dengan kandungan melembapkan. Jika Anda masih ragu harus memilih pelembap yang seperti apa, Anda bisa mulai dulu dari produk moisturizer yang bebas minyak dan bebas fragrance, yang cocok untuk semua jenis kulit, baik itu kulit berjerawat maupun sensitif.

Selain rekomendasi di atas, langkah dalam basic skincare ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kulit tertentu dengan memilih moisturizer yang diformulasikan dengan bahan tambahan untuk menarget kebutuhan atau masalah tertentu. Beberapa contohnya seperti:

  • Hyaluronic acid untuk kulit kenyal dan memulihkan hidrasi yang hilang dari kulit.
  • Ceramide untuk menjaga kekuatan skin barrier, terutama untuk kulit kering atau kulit dengan masalh eczema.
  • Vitamin C sebagai antioksidan untuk melindungi sekaligus mencerahkan kulit.

Bagi Anda yang punya kulit berminyak dan rentan berjerawat, bukan berarti Anda tidak butuh moisturizer. Justru dengan mencuci muka terlalu sering tanpa mengaplikasikan moisturizer dengan semestinya malah akan memicu produksi sebum yang berlebih. Kulit berminyak maupun berjerawat juga tetap berisiko menjadi kering tanpa hidrasi yang cukup.

Hanya saja, untuk Anda dengan kulit berminyak idealnya gunakan moisturizer yang non-komedogenik. Artinya, produk tidak mengandung bahan yang bisa menyumbat pori-pori pemicu breakout.

3. Lindungi

Sunscreen merupakan perlindungan pertama bagi kulit tak hanya dari berbagai masalah kulit, tapi bahkan juga dari kanker kulit. Pilihlah sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi, dan gunakan setiap hari terlepas dari cuacanya — cerah, mendung, ataupun hujan. Dan penggunaan sunscreen ini selalu merupakan step terakhir dalam skincare routine.

Ketika memilih apa jenis sunscreen yang sebaiknya Anda gunakan, Anda bisa pilih berdasarkan dua jenis berikut ini: chemical sunscreen atau mineral-based sunscreen (physical sunscreen). Selain itu, juga jenis sunscreen kombinasi atau hybrid yang menggabungkan kedua jenis tersebut.

Mineral sunscreen mengandung titanium dioxide atau zinc oxide yang membuat produk dapat bekerja seperti tameng yang menghalangi sinar matahari agar tidak menembus kulit. Sementara itu, chemical sunscreen biasanya mengandung avobenzone atau octocrylene yang bekerja melindungi kulit dari sinar UV dengan cara menyerapnya.

Apa Langkah Berikutnya?

Begitu Anda mengikuti tips basic skincare untuk pemula di atas dan menerapkannya secara konsisten, Anda bisa lanjutkan dengan menambahkan step skincare sesuai kebutuhan. Misalnya dengan melakukan eksfoliasi secara rutin setiap 1 atau 2 kali per minggu menggunakan produk yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA) atau beta hydroxy acid (BHA).

Step skincare ekstra lainnya yang bisa Anda tambahkan adalah menggunakan serum . Serum wajah merupakan produk dengan tingkat konsentrasi kandungan yang lebih tinggi, dan biasanya diformulasikan dengan active ingredients seperti hyaluronic acid, niacinamide, atau vitamin C untuk mengatasi masalah kulit yang lebih spesifik.