Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Jenis Bahan Alami Yang Umum Terdapat Pada Masker Wajah, Aman Untuk Jangka Panjang

Masker wajah termasuk salah satu bentuk produk kecantikan yang tidak hanya membantu mencerahkan tetapi juga melembabkan dan mengontrol minyak berlebih pada wajah kita.

Hal itu tidak lepas dari kandungan bahan yang ada pada jenis masker wajah, untuk itu kita disini akan memberikan wawasan kepada kalian semua, terkait beberapa kandungan atau bahan umum yang baik untuk kalian gunakan.

Sebelum saya bahas lebih lanjut, sebaiknya kalian tahu jenis kulit kalian terlebih dahulu, supaya bisa di sesuaikan dengan skincare yang kalian gunakan juga. 

Dan pada artikel sebelumnya, saya juga sudah membahas tentang mengenali jenis kulit, jika belum tahu, kalian bisa membacanya terlebih dahulu.

Baiklah, kita lanjut ke pembahasan, kandungan bahan alami yang umum terdapat pada masker wajah yang aman di gunakan untuk jangka panjang, ya...dimana secara umum, mengandung beberapa komponen, seperti:

Bahan Alami yang Umum Terdapat Pada Masker Wajah Aman digunakan Jangka Panjang

jenis masker wajah terbaik


1. Niacinamide

Setiap produk masker yang mengandung niacinamide akan membantu untuk mengurangi munculnya gejala kemerahan pada kulit wajah, jerawat, atau peradangan karena pergantian kosmetik yang mungkin mengandung bahan merkuri. 

Niacin atau vitamin B3 juga membantu meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah munculnya kerutan pada wajah. Dengan begitu, kulit akan terlihat lembab dan awet muda.

2. AHA dan BHA

Glycolic acid (AHA) serta salicylic acid (BHA) adalah dua jenis senyawa alami yang akan sering

Anda jumpai pada masker wajah alami untuk remaja maupun dewasa, khususnya yang berbentuk sheet. Masker wajah dengan dua senyawa ini sangat cocok digunakan dua kali seminggu untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. 

Namun demikian, untuk usia remaja mulai 15 tahun, ketika ingin menggunakan masker dengan bahan ini hendaknya tidak mencampur dengan bahan lain, karena dikhawatirkan akan memicu munculnya reaksi alergi seperti jerawat atau ruam kemerahan.

3. Vitamin E

Ketika sering beraktivitas diluar rumah, masker wajah yang bagus untuk mengembalikan kesehatan kulit dan menjaga kelembaban adalah masker yang mengandung vitamin E. 

Komponen vitamin E pada masker wajah membantu mengurangi resiko kanker kulit dan mengurangi munculnya flek hitam pada kulit. 

Tidak hanya itu, penggunaan masker wajah yang mengandung vitamin E umumnya membantu mengurangi reaksi alergi yang mungkin muncul ketika beralih kosmetik. 

Bagi pemula, sebaiknya kalian tahu langkah basic skincare untuk pemula agar kulit glowing dan sehat.

4. Vitamin C

Keberadaan vitamin C pada masker wajah membantu mengurangi resiko hiperpigmentasi pada kulit. Hal itu tidak lepas dari kandungan antioksidan pada masker dengan bahan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit wajah. 

Pemakaian rekomendasi masker wajah untuk Anda, secara umum juga bisa dimaksimalkan dengan pemakaian krim pagi maupun krim malam. 

5. Retinol 

Secara umum, manfaat masker wajah bisa didapatkan dengan maksimal ketika Anda bisa mengetahui jenis kandungan masker yang cocok dengan karakter kulit. 

Dari beberapa jenis bahan alami yang terkandung dalam masker wajah, ada retinol atau sejenis dengan vitamin A yang membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga elastisitas kulit bisa tetap terjaga. Di pasar kosmetik, masker dengan kandungan retinol umumnya dijual dalam bentuk krim atau peel off. 

Hanya saja masker dengan bahan ini sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil atau menyusui, karena kekhawatiran bahan retinol yang meresap kedalam kulit akan menghambat pertumbuhan bayi.

Untuk itulah saya juga membahas tentang bagaimana cara memilih serum yang tepat, karena bagi ibu hamil dan menyusui, tidak boleh menggunakan produk skincare sembarangan, karena bisa berakibat buruk pada pertumbuhan bayinya.

6. Kolagen 

Kandungan bahan kolagen pada masker wajah membantu mengurangi munculnya gejala kerutan pada kulit, kulit yang mulai mengendur, warna kulit tidak merata, maupun spot flek hitam. 

Keberadaan kolagen pada masker wajah alami akan membantu meregenerasi sel kulit mati agar kulit tetap terlihat cerah dan awet muda.

7. Kojic acid 

Komponen kojic acid tidak hanya dapat ditemui dengan mudah di produk masker wajah, tetapi juga sabun mandi dan serum. Pada dasarnya, komponen yang satu ini tidak boleh ada didalam produk masker lebih dari 4% karena dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi alergi. 

Namun demikian, dalam batas aman, kojic acid membantu menekan produksi minyak berlebih yang dapat menimbulkan jerawat dan menekan produksi melanin, sehingga kulit akan tampak lebih cerah. 

Dari beragam jenis bahan diatas, Anda bisa mendapatkan jenis masker wajah terbaik apabila pada saat pembelian, Anda memperhatikan beberapa aspek, seperti:

  • Lokasi pembelian

Ketika Anda ingin membeli masker wajah, pastikan Anda membeli produk melalui distributor yang terpercaya. Jika Anda membeli dalam bentuk ecer, periksa kredibilitas toko yang Anda tuju.

Jangan mudah tergiur dengan penawaran harga murah, sebelum benar-benar memastikan apakah produk yang Anda beli benar-benar asli atau hanya tiruan. 

  • Merek produk

Beli produk masker yang diproduksi oleh perusahaan dan memiliki merek yang sudah terpercaya.

Merek produk yang jelas setidaknya memberi jaminan bagaimana jenis produk yang dihasilkan dan ada tidaknya kemungkinan resiko bahaya dari produk yang bersangkutan.

  • Periksa label kemasan dan komposisi produk

Saat Anda membeli masker khusus untuk wajah, pastikan untuk selalu memeriksa label kemasan tidak dalam kondisi rusak dan komposisi produk tidak mengandung bahan yang berbahaya.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan produk yang sama untuk menjaga kesehatan kulit jangka panjang.

  • Ada tanggal produksi dan kadaluarsa

Setiap masker yang diproduksi oleh perusahaan kosmetik umumnya sudah dilengkapi dengan tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa produk. 

Jika Anda tidak menemukan hal tersebut pada masker yang ingin dibeli, ada baiknya Anda mengecek produk masker lain. Tidak hanya itu, pastikan pula ada ijin edar dari BPOM yang bisa dicek secara online.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, selain itu ada juga kebiasaan kecil yang dapat menjaga kulit agar tetap sehat, Anda bisa membaca artikel sebelumnya untuk menambah wawasan kalian. Terimakasih.