Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa Eksfoliasi Itu? Berikut Definisi dan Jenisnya

Pernah bertanya apa eksfoliasi? Secara tak sadar, sebenarnya kamu sudah menerapkan perawatan semacam ini. Bahkan jika kamu tergolong wanita remaja, eksfoliasi ini sering kali dilakukan secara berulang hingga mendapatkan hasil yang lebih baik daripada sebelumnya.

Mendengar bahwa perawatan ini mungkin sering kali kamu terapkan, saya yakin kamu pasti makin penasaran dengan apa eksfoliasi itu? Untuk menjawabnya, coba simak rangkuman singkat berikut!

Apa Eksfoliasi Itu?

Apa Eksfoliasi Itu?

Secara umum, eksfoliasi termasuk dalam upaya terbaik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang berada di area permukaan kulit dengan memanfaatkan produk tertentu seperti scrub atau bisa pula chemical exfoliant. Guna memperjelas definisi apa eksfoliasi, mari sinak cakupan detail terlengkap berikut!

Dari kebanyakan kasus, hampir semua orang akan menemui masalah sel kulit mati. Jelas bahwa ini akan sangat berkaitan erat dengan istilah apa eksfoliasi. Saat masalah ini menimpamu, maka akan terjadi penumpukan sel kulit mati tersebut di area permukaan kulit.

Jika kamu membiarkan hal itu terus terjadi, dampak buruk pun bida saja terjadi. Misalnya, kulit akan berubah terlihat kusam yang berdampak pula terhadap masalah kulit yang lebih serius. Contoh sederhananya adalah munculnya komedo dan bisa pula jerawat.

Apabila sobat tidak menginginkan semua masalah itu terjadi, maka segeralah manjakan kulitmu dengan memberi perawatan spesial berupa eksfoliasi. Sampai di bab ini, apakah kamu sudah paham definisi apa eksfoliasi?

Mengingat apa eksfoliasi itu penting, maka saya akan membawa kalian ke bahasan menarik perihal jenis perawatan ini. Jelas bahwa informasi ini juga sangat penting karena dapat membantu dalam proses pembaruan kulit dan menjadikannya sehat kembali seperti sebelumnya.

Jenis Jenis Eksfoliasi

Berdasarkan sifatnya, perawatan kulit yang di kenal sebagai istilah eksfoliasi terbagi menjadi dua yaitu:

1. Eksfoliasi Mekanis

Apa eksfoliasi mekanis? Ini adalah cara mengangkat sel kulit mati dengan memanfaatkan beragam produk scrub. Namun bukan scrub biasa ya, melainkan yang memiliki kandungan butiran halus. 

Nah, butiran halus tersebut nantinya berguna banget untuk membantu proses pengikisan sel-sel kulit mati yang menempel pada area permukaan wajah. Sudah paham kan dengan apa eksfoliasi mekanis. Yuk simak juga perawatan yang sifatnya kimia dalam bab berikut!

2. Eksfoliasi Kimia

Jika baru mengenal perawatan ini, maka saya yakin kamu pasti juga penasaran dengan apa eksfoliasi kimia itu? Jadi, sebenarnya ini adalah proses pengangkatan sel kulit yang sudah mati. Bedanya dengan mekanis yaitu, eksfoliasi kimia lebih cenderung fokus pada pemanfaatan produk kecantikan seperti halnya asam alfa-hidroksi (AHA) atau bisa pula beta-hidroksi (BHA).

Sementara itu, berdasarkan pengalaman dari sejumlah wanita, eksfoliasi kimia lebih dominan efektif daripada mekanis. Mulai dari penerapan sampai perolehan hasil perawatan, semuanya akan lebih cepat terlihat hasilnya.

Dengan adanya semua definisi apa eksfoliasi di atas, saya yakin kamu sudah paham dengan perawatan ini.

Ketahuilah, walaupun perawatan eksfoliasi punya beberapa manfaat positif yang bisa menyempurnakan kulit, tetap saja pemberiannya harus mengikuti aturan yang ideal. Jangan sampai merasa terkecoh dengan manfaatnya hingga akhirnya bersikap ambisi untuk menerapkan perawatan ini tanpa memperhatikan aturannya.

Dari kasus yang sering terjadi, ketika melakukan eksfoliasi berlebihan, maka akan berdampak pula terhadap kesehatan kulit. Bukannya akan membaik tetapi kondisinya bisa semakin memburuk, iritasi atau kulit menjadi rusak misalnya.

Maka dari itu, lebih baik atur jangka waktu pemberian eksfoliasi ini agar tidak membahayakan kulitmu. Idealnya, demi hasil lebih baik, berikan perawatan eksfoliasi ini sebanyak dua kali saja dalam satu minggu. Selain itu, pertimbangkan pula untuk menggunakan bahan eksfoliasi yang benar-benar ideal dengan tipe kulit.

Guna mendapatkan hasil ideal, coba pahami edukasi cara eksfoliasi untuk kulit berminyak jika itu merupakan jenis kulitmu. Sementara itu, bagi kamu yang bertipe kulit kering, pahami pula perawatan seperti apa yang paling ideal untuknya. Dengan cara semacam ini, maka upaya memaksimalkan perawatan untuk menunjang hasil positif akan segera terjawab.

Demikianlah definisi apa eksfoliasi dan jenis-jenisnya yang bisa saya publikasikan. Nantikan update selanjutnya, sampai jumpa.