Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menghilangkan Tratak Di Wajah Ampuh Dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan tratak di wajah ini sempat menjadi bahan pertanyaan oleh salah satu wanita berinisial L melalui media Aldokter.com-. Tentu saat itu ia punya masalah tratak membandel yang tak ingin lenyap dari wajahnya, sehingga pertanyaannya tersebut mencuat ke publik.

Menurut pengakuannya, beberapa bulan sebelumnya masalah tratak itu sudah tak terlihat lagi di wajahnya akibat penggunaan obat racik dari dokter spesialis kulit. Karena merasa bahwa obat tersebut membuat dirinya menjadi ketergantungan, akhirnya ia berhenti untuk tidak menggunakan obat itu lagi. Dampaknya tentu tratak kembali muncul.

Lalu di situs Alodkter, ia berdiskusi dengan pertanyaan bagaimana Cara menghilangkan tratak di wajah? Nah bagi kalian yang mengalami masalah serupa, tentu menghilangkan rasa percaya diri. Saya yakin itu. Oleh sebab itu, marilah bersama untuk mencari tahu tindakan seperti apa yang lebih ideal untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Mengenal Apa Itu Tratak di Wajah

Istilah medisnya, tratak atau timbulnya bercak putih pada area wajah bernama Pityriasis Alba. Bercak putih ini bisanya membandel dan sulit untuk kita singkirkan. Alhasil, adanya tratak di wajah bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri mereka.

Ketahuilah! Masalah ini sebenarnya umum terjadi. Dan beberapa orang yang kerap menerima masalah ini adalah anak-anak bahkan mereka para remaja.

Sampai detik ini, tidak ada penjelasan pasti terkait penyebab munculnya bercak putih di wajah atau traktak. Namun dalam kebanyakan kasus, pityriasis kerap berkaitan dengan tipe kulit yang mengalami dermatitis atopikataueksim.

Sedangkan eksim itu sendiri umumnya terjadi karena adanya imun pada tubuh yang kinerjanya berlebihan "terlalu aktif". Alhasil, terjadi pendeteksian sel-sel di tubuh pada diri seseorang yang saat itu dalam keadaan normal.

Ketahuilah, adanya deteksi yang terlalu aktif itu bukanlah kabar positif. Melainkan ancaman yang seharusnya perlu mendapat penanganan lebih lanjut.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan tratak di wajah yang benar-benar ampuh tanpa membuat ketergantungan?

Untuk menjawab permasalah itu, kerudungcantik.org pun mencari sumber terpercaya. Lagi-lagi tidak ada penjelasan lebih lanjut terkait pengobatan yang tepat terhadap masalah tratak satu ini.

"Umumnya Pityriasis alba atau masalah tratak di wajah ini tidak dapat disembuhkan secara langsung, misalnya dalam 1 hari. Jikalau berhasil kita atasi, suatu hari akan berulang dan muncul kembali". (dr. Iranita Dyantika)

"Dalam kebanyakan kasus, pengobatan hanyalah sekedar mengontrol gejalanya saja", imbuhnya.

Menyikapi masalah tersebut yang semakin membuat wanita dan beberapa pengidapnya menjadi tak percaya diri, dr. Iranita Dyantika pun menyarakan agar kita selalu menghindari beberapa hal penyebab timbulnya pityriasis alba.

Saran yang ia berikan adalah memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit agar bisa mendapat penangan lebih lanjut melalui resep dokter guna sebagai pengontrol gejala traktak. Tak jarang pula obat tersebut berperan untuk mengurangi gejala.

Cara Menghilangkan Tratak di Wajah Menurut Dr. Iranita Dyantika

Cara Menghilangkan Tratak di Wajah

Walaupun tidak tersedia cara pengobatan secara langsung, Dr. Iranita Dyantika memberi saran atau masukan yang dapat kamu ikuti agar gejala tratak bisa berkurang ke kondisi ringan atau sedang, yaitu:

1. Gunakan Pelembab

Dalam hal ini, pelembab akan berperan sebagai pemberi kelembapan terhadap kulit, sehingga gejala kering pada masalah tratak di wajah bisa menjadi lebih berkurang.

Saat memilih pelembab untuk mengurangi timbulnya masalah tratak di wajah, sebaiknya pilih pelembab berbahan alami. Misalnya, lidah buaya, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Usahakan pula bahwa kamu mengoleskannya secara menyeluruh ke area timbulnya bercak putih dan lakukan hal semacam ini secara konsisten.

2. Manfaatkan Krim Topikal Sesuai Resep Dokter

Apabila masalah tratak di wajah yang kamu alami terbilang parah, sebaiknya periksakan ke dokter sesegera mungkin agar bisa menerima penangan yang lebih ideal.

Dalam kebanyakan kasus, dokter akan meresepkan obat berupa krim topikal yang memiliki kadar steroid atau asam retinoat. Tahukah bawah krim ini ternyata memiliki peranan hampir sama seperti pelembab, namun ada tambahan manfaat yakni mengurangi peradangan pada kulit.

3. Gunakan Shampo, Lotion dan Salep yang Memiliki Kandungan Pelembab

Selain memilih pelembab sebagai upaya cara menghilangkan tratak di wajah secara pasif, peranan Shampo, Lotion dan salep juga berguna banget untuk kalian yang mempermasalahkan tratak. Ya, beberapa produk tersebut dapat kamu gunakan untuk mengurangi rasa gatal maupun ruam pada area kulit wajah dan titik masalah tratak.

4. Pergunakan Krim Anti-radang

Upaya terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu memanfaatkan krim anti-radang. Namun jangan asal-asalan, ya. Sebaiknya sesuai rekomendasi dokter, terutama jika kondisi masalah tratak yang kamu alami terbilang lebih parah dari biasanya yang menimbulkan radang.

Catatan: Sampai detik ini tidak ada cara menghilangkan tratak di wajah dalam 1 hari secara instan. Semuanya butuh proses, bahkan bisa memerlukan waktu cukup lama. Oleh karenanya, lakukan perawatan kulit atau pengobatan ini secara konsisten agar masalah bercak putih atau Pityriasis alba segera teratasi secara maksimal.